Minggu, 24 Juni 2018 10:55 WITA

FKM UMI Dorong Mahasiswa Sukses Akademik dan Organisasi

Editor: Abu Asyraf
FKM UMI Dorong Mahasiswa Sukses Akademik dan Organisasi
Dekan FKM UMI, Dr. Sudirman, M.Si. 

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Masa perkuliahan memang saat yang pas untuk belajar berorganisasi. Selain mengisi waktu luang, kehidupan organisasi juga mengajarkan banyak hal penting yang tidak didapatkan dalam bangku perkuliahan dalam kelas.

Namun, organisasi kadang membuat akademik mahasiswa anjlok. Perlu manajemen yang baik serta dukungan penuh dari birokrasi untuk mensukseskan kedua-duanya. 

Demikian, yang diterapkan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang mendorong mahasiswanya aktif di organisasi namun tetap sukses di akademik. 

“Organisasi mampu menambah wawasan serta membuat seseorang bisa lebih mandiri, tapi mahasiswa jangan sampai terlena. Ini yang selalu kami ingatkan kepada peserta didik kami," ujar Dekan FKM UMI, Dr. Sudirman, M.Si. 

“Harus pandai membagi waktu, akademik jalan, organisasi jalan. Jangan hanya fokus satu, contohnya organisasi saja. Ini yang banyak menghambat mahasiswa. Harus profesional kedua-duanya,” lanjutnya. 

Untuk itu, pihaknya rajin melakukan komunikasi kepada mahasiswa untuk berdiskusi agar akademik dan oragnisasi dapat berjalan dengan baik. 

"Kami selalu support kegiatan-kegiatan postif mahasiswa, dengan catatan tidak mengganggu proses akademik," jelasnya. 

Menurutnya, organisasi sangat penting karena FKM UMI tidak hanya mencipatakan ilmuan semata. Tapi calon pemimpin masa depan bangsa. 

Tags