Jumat, 22 Juni 2018 16:25 WITA

Terima Data dari Disdukcapil, Disdik Sulsel Resmi Hentikan Pengesahan KK

Editor: Abu Asyraf
Terima Data dari Disdukcapil, Disdik Sulsel Resmi Hentikan Pengesahan KK
Ketua Panitia PPDB 2018, M Basri

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 Dinas Pendidikan Sulsel akhirnya menerima data base kartu keluarga (KK) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulsel. 

Hal itu membuat legalisir KK dihentikan dan siswa-sisiwi tidak perlu lagi mendatangi kantor Disdukcapil setempat untuk legalisir KK dan akta kelahiran. 

Panitia PPDB Disdik Sulsel baru menerima data pada Kamis (22/6/ 2018) sore dan diolah oleh tim teknis PPDB hingga Jumat pagi (23/6/2018). Data berisi 3.000.000 KK tersebut diolah belasan jam untuk bisa diakses secara online di web disdik.sulselprov.go.id.

Kini, calon peserta didik yang mendaftar tidak perlu lagi melegalisir KK di Disdukcapil. Mereka cukup membawa KK ke sekolah dan selanjutnya operator PPDB akan menginput KK untuk membuktikan keabsahan KK yang bersangkutan.

"Jadi sekarang tinggal bawa KK saja ke sekolah. Tidak perlu lagi legalisir karena sistem data akan otomatis memunculkan data calon peserta didik yang mendaftar," jelas Ketua Panitia PPDB 2018, M Basri. 

Basri menjelaskan, apabila dalam verifikasi data oleh panitia PPDB dan data siswa tidak muncul, maka katanya, patut diduga bahwa KK tersebut tidak jelas atau tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

"Jika seperti itu, maka barulah dipersilakan ke Disdukcapil setempat untuk legalisir, " tuturnya. 

Basri mewakili seluruh jajaran panitia PPDB Disdik Sulsel berterima kasih atas kerja sama dan kerja keras Disdukcapil yang akhirnya tergerak untuk menyerahkan data base yang diperlukan.