Minggu, 17 Juni 2018 05:00 WITA

Universitas Terbuka Siapkan Layanan Tuton

Penulis: Alifiah Ainul
Editor: Andi Chaerul Fadli
Universitas Terbuka Siapkan Layanan Tuton

RAKYATKU.COM, MAJENE - Tuton adalah layanan tutorial berbasis internet atau web based tutorial (WBT), yang di tawarkan Universitas Terbuka dan diikuti oleh mahasiswa melalui jaringan internet dan merupakan salah satu dari bentuk tutorial yang di selenggarakan UT.

Kasubag TU UT Majene Akbar menuturkan,Tujuan dari penyelenggaraan Tuton untuk mengoptimalkan pemanfaatan jaringan internet untuk memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa.

" Hal ini memungkinkan proses pembelajaran jarak jauh di desain lebih komunikatif dan interaktif Link Memberi alternatif pilihan bagi mahasiswa yang memiliki akses terhadap jaringan internet untuk memperoleh layanan bantuan belajar secara optimal." ujarnya

Untuk dapat mengakses Tuton, mahasiswa harus melakukan aktivasi account pada situs http://elearning.ut.ac.id. Setelah proses ini dilakukan mahasiswa akan memperoleh
acoount password untuk dapat masuk ke situs Tuton.

Ia menambahkan, Sebelum mahasiswa melakukan proses login, dianjurkan bagi para siswa untuk mendownload dan membaca panduan tuton yang telah tersedia pada situs tutorial tersebut.

"Tuton dilaksanakan setiap semester selama 8 (Delapan) minggu atau kira-kira 2 bulan sebelum melaksanakan UAS tiap semester. Kontribusi nilai tuton terhadap nilai akhir sebesar maksimal 30 persen" ungkapnya.

Selain itu, Nilai maksimal dapat diperoleh kalau mahasiswa menjadi peserta aktif dalam melaksankan tuton. Peserta aktif adalah peserta yang membaca inisiasi, merespons dengan cara mengajukan pertanyaan atau tanggapan, berdiskusi dan mengerjakan tugas pada inisiasi ke 3,5 dan 7. 

Sedangkan peserta pasif adalah peserta yang hanya membaca inisiasi saja, tanpa ikut serta memberikan pertanyaan, tanggapan dan jawaban tugas.