Minggu, 17 Juni 2018 01:00 WITA

Kuliah di UT Jangan Takut Drop Out

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kuliah di UT Jangan Takut Drop Out

RAKYATKU.COM, MAJENE - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Kepala UPBJJ-UT Majene Arifin Tahir menuturkan sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia.

"Jadi termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia mampu mengenyam pendidikan dengan baik," ujarnya

Arifin menjelaskan, Tanpa memandang kondisi mahasiswa, sistem belajar terbuka dan jarak jauh yang diterapkan UT membantu pencapain tujuan belajar karena tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi.

UT idak memberlakukan sistem drop out. Tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur waktu pendaftaran (registrasi) leluasa sepanjang tahun ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan kondisi mahasiswa.

"Jadi mahasiswa bisa benar-benar mencari ilmu jika berkuliah di Universitas Terbuka karena tidak ada istilah drop out mauoun keterbatasan usia," kaynya

Selain itu, penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak dilengkapi dengan kaset audio dan video/CD, CD-ROM, siaran radio dan TV, maupun bahan belajar berbasis komputer dan internet.