Jumat, 15 Juni 2018 12:20 WITA

Universitas Terbuka, Kampus Negeri Berakreditasi Internasional

Editor: Andi Chaerul Fadli
Universitas Terbuka, Kampus Negeri Berakreditasi Internasional

RAKYATKU.COM, MAJENE - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Majene merupakan salah satu universitas negeri yang telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. 

Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. 

Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

"Di UT ini memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat," ujar Kasubag TU UT Majene Akbar, belum lama ini.

Akbar menambahkan, empat fakultas yang ada di jniversitas terbuka ialah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik,Fakultas Ekonomi dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

"Sistem registrasi UT sangat sederhana. Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa cukup membeli berkas registrasi pertama pada kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) terdekat, mengisi formulir registrasi, membayar SPP pada Bank yang ditunjuk dengan menggunakan Tanda Bukti Setor UT (TBS-UT),
mengembalikan formulir registrasi beserta berkas persyaratan (termasuk TBS-UT) ke UPBJJ-UT [1] terdekat dengan diserahkan sendiri atau dikirim melalui pos." jelas Akbar.

Selain itu untuk lebih memudahkan mahasiswa, mahasiswa UT juga bisa melakukan registrasi secara online melalui www.ut.ac.id.