Minggu, 10 Juni 2018 18:30 WITA

2019, Unismuh Makassar Jadi Tuan Rumah Festival Tari Mahasiswa Nasional

Penulis: Nur Izzati
Editor: Aswad Syam
2019, Unismuh Makassar Jadi Tuan Rumah Festival Tari Mahasiswa Nasional
Rektor Unismuh, Abdul Rahman Rahim (ketiga dari kiri) bersama Pembina UKM Talas, Erwin Akib (kedua kanan), dan anggota UKM Talas pada konferensi pers terkait Variasi, Minggu (10/6/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) ke-5.

Diketahui, kampus Unismuh merupakan perguruan tingga swasta pertama yang menjadi tuan rumah gelaran Variasi, setelah sebelumnya dilaksanakan di UNM, Universitas Andalas Padang Sumbar, Universitas Sriwijaya dan Universitas Negeri Jember. 

Ketua Umum UKM SB Talas Zainal Abidin mengatakan, event tersebut merupakan langkah awal dari UKM SB Talas, untuk memperkenalkan diri dalam event tingkat nasional. 

"Talas kini berusia 18 tahun. Dengan usia yang tidak muda ini, saatnya kami mengambil langkah, untuk menggelar event di tingkat nasional," ujarnya dalam Press Conference, di Gedung FKIP, Minggu (10/6/2018).

Sementara itu, Ketua Panitia Variasi 5, Nurul menuturkan, Variasi merupakan ajang kompetisi tari yang mempertemukan mahasiswa senusantara yang mengedepankan silaturahmi. Event Variasi itu dilaksanakan 1-2 tahun sekali.

Ia menyebutkan, dalam event tersebut ada 12 lomba yang digelar, di antaranya, Penyaji Terbaik I, Penyaji Terbaik II, Penyaji Terbaik III, Koreografer Terbaik, Penata Cahaya Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Rias dan Kostum Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Kontingen Terbaik, Penari Pria Terbaik, Penari Wanita Terbaik dan Desain Grafis Terbaik.

"Tahun ini kita mengangkat tema "Nusa Tari" diambil dari singkatan Nusantara Menari. Sementara tema garapan untuk tiap-tiap kontingen yang berpatisipasi yaitu "Tubuh, Tari dan Tuhan"," terangnya.

Nurul mengungkapkan, panitia membuka pendaftaran peserta Variasi 5, mulai 10 Juni - 17 November 2018. Sementara, untuk hasilnya akan diumumkan pada 12 Desember.

"Calon peserta bisa mendaftar secara online ataupun offline. Atau berkasnya bisa dibawa langsung ke sekretariat," ujarnya.

Pembina UKM SB Talas, Erwin Akib memberikan ucapat selamat kepada UKM SB Talas karena telah dipercaya menjadi tuan rumah event Variasi 5.

Ia mengatakan, kegiatan-kegiatan yang  dilakukan di UKM SB Talas tak lepas dari unsur kreatifitas dan kreasi di berbagai bidang, seperti musik, teater, tari, sastra. Malah, dalam beberapa kesempatan UKM Talas telah beberapa kali mewakili ajang teater seni tingkat nasional dan Internasional.

"Kita jangan coba mencengkram kreativitas mahasiswa, karena hal ini akan menjadi modal tersendiri dari kampus. Jika kampus ingin maju, maka salah satu yang harus dikembangkan yakni pembinaan UKM-nya," terangnya.

"Pembina tidak akan tinggal diam ketika kegiatan seperti ini dilaksanakan, apalagi UKM SB Talas Unismuh pertama kalinya jadi tuan rumah. Kedepan, saya tantang UKM SB Talas jadi tuan rumah kegiatan seni tingkat internasional," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unismuh, Abd Rahman Rahim mengaku pihaknya akan mendukung penuh kegiatan tersebut. Salah satunya yakni dengan menyiapkan sarana dan prasarana.

"Sebagai panitia, UKM Talas tentu harus mempersiapkan ini senua secara matang. Diharapkan, adanya event nasional ini, Unismuh bisa membawa nama baik Sulawesi Selatan, dan UKM SB Talas bisa dikenal lebih luas lagi," harapnya.