Rabu, 06 Juni 2018 15:23 WITA

Ikut PBSB Online 2018, Santri Asal Bantaeng Ini Lulus di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Editor: Aswad Syam
Ikut PBSB Online 2018, Santri Asal Bantaeng Ini Lulus di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sitti Nurkhalisah

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Salah seorang santri asal MA Ponpes DDI Mattoanging Bantaeng, Sitti Nurkhalisah, lulus dalam seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) berbasis online.

Putri pasangan Nasiruddin dan Hamdiana yang beralamat di Kampung Beru, Desa Tombolo, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng ini, berhasil lulus pada Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Farmasi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sekadar diketahui, tes seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) berbasis online, secara serentak pada 14-17 Mei 2018 lalu.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, telah mengeluarkan pengumuman hasil tes pada Senin (4/5/2018). Di mana sebanyak 262 santri berprestasi, dinyatakan lulus pada pilihan program studi di 12 Perguruan Tinggi Mitra (PTM).

Adapun kedua belas PTM tersebut antara lain, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Alauddin Makassar, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, Uncen Jayapura, UPI Bandung dan UAI Jakarta.

Sementara itu untuk IPB Bogor dan Unair Surabaya, belum mengumumkan kelulusan santri PBSB saat ini, berhubung Unair baru akan melaksanakan tes seleksi PBSB pada 8 Juli mendatang. Sementara IPB Bogor akan mengumumkan kelulusan seleksi PBSB pada 4 Juli 2018.

Humas Kemenag Bantaeng, Mahdi membenarkan kelulusan Sitti Nurkhalisah. "Iya, alhamdulillah salah satu santri dari MA Ponpes DDI Mattoanging Bantaeng, Sitti Nurkhalisah lulus pada Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Farmasi UIN Syarifhidayatullah Jakarta dalam seleksi PBSB," ungkapnya, Rabu (6/6/2018).

Dari 34 provinsi se-Indonesia, kata dia, Provinsi Sulawesi Selatan menempati urutan ke-3 besar yang berhasil meluluskan santrinya pada PBSB 2018 ini.

"Urutan pertama Jawa Timur dengan 39 santri, kemudian Jawa Tengah 28 santri dan Sulawesi Selatan urutan ketiga yang lulus dengan 24 santri," ungkapnya.

"Dalam PBSB kali ini, Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng melalui Seksi PD Pontren, telah mengutus sebanyak 34 orang santri Pondok Pesantren yang berasal dari 20 orang dari MA Ponpes DDI Mattoanging, dan 14 orang dari MA Ponpes As'adiyah Dapoko Bantaeng," bebernya.