Sabtu, 02 Juni 2018 16:08 WITA

FK UMI Bahas Gangguan Pada Saluran Pernapasan di Seminar Ilmiah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
FK UMI Bahas Gangguan Pada Saluran Pernapasan di Seminar Ilmiah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar ilmiah, di Auditorium FK UMI, Sabtu (2/6/2018).

Seminar yang diikuti sekitar 200-an Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) ini rutin dilakukan setiap Sabtu, dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Kali ini, tema yang dibahas yakni Pulmonologi, dipandu oleh dr Resky.

Pemateri Pertama, dr Edward Pandu Wiriansya membahas seputar saluran nafas, terkhusus Pnemonia, yakni suatu penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan bersifat akut, dan membuat peradangan di alveoli atau kantong paru.

"Penyebabnya seperti bakteri, virus, parasit, jamur, banyak sekali jenis kumannya, tergantung dari usia, atau kebiasaanya dia peminum alkohol atau tidak, pemakai drug atau tidak atau ada kelainan-kelainan di paru-parunya. Tiap faktor Resiko punya karakteristik kuman tersendiri," jelasnya.

Sementara dr Suciati Damopolli membahas terkait tubercolosa. Yakni masalah yang masih menjadi momok di tengah masyarakat Indonesia. Sepertiga penduduk dunia sudah terinfeksi kuman tubercolosis, Indonesia merupakan negara ke 3 yang terbanyak kasus Tubercolis.

"Di Indonesia TB merupakan pembunuh nomor satu diantara penyakit menular, dan penyebab kematian nomor 3 setelah penyakit jantung dan penyakit pernapasan akut pada seluruh kalangan usia," ujarnya. 

Tags