Kamis, 31 Mei 2018 12:51 WITA

Politeknik ATIM Terapkan Kurikulum D1

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Politeknik ATIM Terapkan Kurikulum D1

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Kementerian Perindustrian, Politeknik ATI Makassar bersama dengan Gama Plantation melakukan kerja sama dalam menerapkan Dual System D1.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Direktur Politeknik Makassar, Amrin Rapi bersama Kepala HRD Gama Plantation, Eko Bhakti PU, di kampus Politeknik ATIM, Kamis (31/5/2018).

Amrin Rapi mengatakan, tujuan dari kerjasama itu adalah untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri dari Politeknik yang siap kerja dan sesuai dengan kebutuhan real industri.

"Kami menginginkan, agar lulusan Politeknik ATIM memiliki potensi dan keterampilan yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan dunia usaha dan industri saat ini," ujar Imran.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bagian dalam mengurangi ketergantungan industri di Indonesia, terhadap tenaga kerja asing dengan cara meningkatkan kompetensi dan memberikan sertifikasi kepada calon tenaga kerja lokal," harapnya.

Sementara itu, Sutarto Hadi selaku Division Head HR People & Organization Development Gama Plantation mengaku, sebelum melakukan kerjasama AtTIM, pihaknya telah melakukan kerjasama serupa dengan kampus lain.

"Namun setelah kami melihat Politeknik ATI Makassar ternyata lebih cocok dengan kebutuhan industri kami. Disamping itu, lebih lengkap dibanding yang lain, seperti memiliki kompetensi di bidang manufaktur/mekanika dan kimia serta ilmu yang diajarkannya terapan, siap pakai di lapangan," jelas Hadi.

Diketahui, kerjasama itu juga disertai dengan pembahasan kurikulum D1 yang dilakukan selama dua hari, yakni 30-31 Mei 2018. Pembahasan itu diikuti oleh segenap Civitas Akademik Politeknik ATIM dan Management Gama Plantation.