Selasa, 29 Mei 2018 22:34 WITA

Tes Akademik  PPDB 2018 Dihapuskan 

Editor: Fathul Khair Akmal
Tes Akademik  PPDB 2018 Dihapuskan 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan menggelar Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 dengan beberapa perubahan salah satunya yaitu tes akademik yang biasanya tekankan kepada siswa-sisiwi kini di hapuskan. 

"Tahun ini tidak ada lagi test akademik dalam pemenuhan kuota setiap jalur . yang dilihat hanya nilai ujian nasional, jarak rumah dari sekolah, prestasi dan perpindahan tugas orangtua," ujar Sekdis Disdik Sulsel Setiawan Aswad. 

Setelah jalur kemitraan dihapuskan, maka tahun ini tinggal lima jalur yang bisa dilewati oleh para siswa-sisiwi yang akan mendaftar di SMA/SMK dan sejajarnya. Yaitu Jalur akademik, jalur afirmasi, jalur domisili, jalur prestasi dan jalur khusus.

Kelima jalur tersebut tidak lagi memakai tes akademik, namun, Disdik Sulsel lebih kepada melihat berapa nilai ujian nasional, sejauh mana prestasi yang di torehkan serta seberapa dekat rumah dengan sekolahnya. 

"Selain itu, Tahun ini lebih menekankan pada sistem zonasi sesuai permendikbud 14 tahun 2018 dengan pemenuhan kuota domisili yang lebih besar dan meniadakan jalur kemitraan. Juga tahun ini menyediakan kuota sebesar 5% untuk jalur khusus bagi peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orangtua PNS dan akibat bencana sosial/alam," tutupnya.