Senin, 28 Mei 2018 16:35 WITA

Citizen Report

Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Diajak Kaji Al Quran

Editor: Andi Chaerul Fadli
Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Diajak Kaji Al Quran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Para guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti kajian Al Quran dan nasihat agama di ruang serba guna Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (28/5/2018).

Hadir dalam kajian, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Ibnu Hajar SPd, wakasek kurikulum Dr Bakry, dan para guru lainnya. Kajian Alquran dan nasihat agama digelar sejak Selasa (22/5/2018) hingga Jumat (8/5/2018).

Di setiap harinya, seorang guru menyampaikan ceramah agama di hadapan forum. Pengajian digelar pukul 07.00 Wita sampai 07.40 Wita. Jumlah guru yang dijadwalkan menyampaikan kajian sebanyak 10 orang.

Adapun salah seorang pemateri kajian Alquran, Achmad Rachlim, SPdI MPdI dalam kajiannya menyampaikan materi tentang sabar. Ia menyampaikan kajian Surah Al Baqoroh ayat 152 sampai 157. 

Achmad Rahlim menyampaikan, Allah SWT memerintahkan untuk memohon pertolongan dengan sabar. “Sabar itu tidak ada batasnya. Hendaknya sabar menjadi spirit bagi kita,” ungkapnya.

Orang yang hebat, sambung Rahlim, adalah orang yang mampu mengendalikan emosi dan hawa nafsunya. Sabar, katanya, terbagi menjadi tiga. “Pertama, sabar dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Kedua, sabar dalam menjauhkan diri dari kemaksiatan. Ketiga, sabar dalam menghadapi takdir musibah,” terangnya.

Pihaknya memaparkan kajian Surat Albaqoroh ayat 155. Allah SWT, ucap Rahlim, memberi cobaan kepada orang yang beriman berupa rasa takut dan rasa lapar. Selain itu, cobaan berupa kekurangan harta dan diri (sakit-sakitan).

Ia menjelaskan, nasihat agama penting bagi manusia. “Kita yakini bahwa manusia tempatnya salah. Seseorang bisa sadar sebab nasihat agama yang diterimanya,” ujar Rahlim.

Penulis: Ilmaddin Husain SPd (Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga)