Selasa, 15 Mei 2018 22:23 WITA

Dosen Ekonomi UNM Raih Doktor di UIN Alauddin Makassar

Editor: Fathul Khair Akmal
Dosen Ekonomi UNM Raih Doktor di UIN Alauddin Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UINAM) Tuti Supatminingsih,  berhasil meraih gelar doktor bidang Ilmu Ekonomi Islam pada Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam  Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Selasa, (15/5/2018).

Tuti Supatminingsih yang juga mantan Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi UNM ini berhasil mempertahankan desertasinya dengan judul “Pola dan prilaku komsumsi rumah tangga dalam persfektif ekonomi Islam di Kota Makassar” di depan penguji.

Dalam kesempatan itu, penguji dipimpin oleh Direktur Pascasarjana UINAM, Prof. Dr. Sabri Samin, dengan promotor  Prof Dr. Halide dan Kopromotor  Prof. Nasir Hamzah dan Prof Dr. Muslimin Kara, serta para penguji  Prof Dr. Arifin Hamid, M.Hum,  Prof. Dr. Syahrir Mallongi dan  Dr. H. Amiruddin K, sehingga berhasil meraih gelar doktor dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,96.

"Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perilaku komsumsi rumah tangga di Kota Makassar ditinjau dari perspektif ekonomi Islam terdiri dari beberapa bagian," ujar Tuti Supatminingsih.

Ia pun menyebutkan beberapa bagian dari perspektif ekonomi islam. Pertama, pembelian barang pangan maupun non pangan dilakukan sesuai dengan konsep kebutuhan, yaitu kebutuhan untuk yang lebih prioritas dan telah memperhatikan ajaran Agama Islam.

Kedua, mashlahah yang tercapai dengan pemenuhan kebutuhan pangan dan non pangan adalah diperolehnya utilitydan keberkahan dalam mengkomsumsi barang pangan dan non pangan.

"Selain itu, manfaat yang didapat tidakhanya di dunia saja tetapi di akhirat juga, karena didalam pengeluaran komsumsi masih terdapataspek social seperti zakat, infak dan sedekah sehingga kegiatan komsumsi yang dilakukan  memiliki nilai nilai keagamaan," jelasnya.

Turut hadir dalam acara promosi doktor tersebut, sejumlah dosen dari Universitas Negeri Makassar, serta keluarga besar promovendus yang memberikan motivasi dan ucapan selamat atas keberhasilannya.