Sabtu, 12 Mei 2018 10:21 WITA

UNM Kembali Jadi Tuan Rumah TEFLIN Setelah 25 Tahun

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
UNM Kembali Jadi Tuan Rumah TEFLIN Setelah 25 Tahun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Seminar international TEFLIN bakal kembali digelar Juli mendatang di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Ini merupakan kali ke dua UNM menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Seminar Internasional TEFLIN. Sebelumnya seminar TEFLIN juga digelar di UNM pada tahun 1994, saat masih berstatus IKIP.

"Ini yang kedua. Sudah pernah waktu tahun 1994 waktu itu kami masih IKIP,  dan sekarang setelah 24 tahun, hampir 25 tahun kami jadi host lagi," kata Ketua Panitia Seminar Iternasional TEFLIN, Chairil Anwar Korompot, dalam konferensi  pers yang digelar Jumat (11/5/2018).

Ling, sapaan akrab Chairil melanjutkan, UNM baru kembali dipercaya menjadi tuan rumah setelah lebih dari dua dekade. Pasalnya, ada banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang mengajukan diri  menjadi host agenda TEFLIN ini.

"Bukan hanya perguruan tinggi, bahkan ada lembaga-lembaga kursus yang menawarkan jadi penyelenggara dan pengurus harus menyeleksi untuk jadi pertimbangan. Tidak semua yang mengajukan diri diterima. Persaingan cukup ketat," jelasnya.

Ling melanjutkan, Teflin ini adalah suatu forum dimana para praktisi, akademisi, peneliti, mahasiswa, pembuat aturan, dan perusahaan yang berkaitan dengan bahasa inggris dari seluruh Indonesia dan luar negeri ikut berpartisipasi.

Hingga kini, sudah lebih dari 650 abstrak paper diterima dan akan dibawakan dalam diskusi panel selama dua hari di Grand Clarion Juli mendatang. 

Pada kesempatan tersebut bakal hadir, Profesor M Asfar Rahman untuk menjadi pembicara utama, dengan membawakan makalah berjudul "Self Awareness and Self Reflection For Sustainable and Continue EFL Teacher Professional Development". 

Selain Prof Asfah, akan hadir pula sejumlah Plenary Speakers dari sejumlah negara seperti Hongkong,  Australia, Singapura, dan China.

Ling melanjutkan, kegiatan Teflin Seminar  ini sekaligus menjadi rangkaian kegiatan Dies Natalis UNM yang ke-57.