Jumat, 11 Mei 2018 15:54 WITA

FKIP UNISMUH Makassar Akan Jadi Penyelenggara PPG

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
FKIP UNISMUH Makassar Akan Jadi Penyelenggara PPG

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, Erwin Akib mengungkapkan, di tahun 2018 ini pihaknya akan menjadi salah satu universitas yang menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.

Ada dua program studi di FKIP yang jadi penyelenggara, yakni Prodi Sastra dan Bahasa Indonesia, serta Prodi Bahasa Inggris.

"Itu yang disetujui kementerian kemarin, mudah-mudahan tahun ini kita sudah  bisa melakukan proses pembelajaran, karena kalau PPG itu berbeda dengan program sarjana di sini," jelas Erwin kepada Rakyatku.com, saat di temui di ruangannya, Jumat (11/5/2018).

Erwin menambahkan, penerimaan mahasiswa PPG tidak dilakukan oleh pihak kampus. Namun, dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, kemudian dikoordinasikan kepada kampus, selanjutnya kampus yang melaksanakan proses pembelajaran.

Kuota untuk PPG dalam jabatan dalam satu program studi  adalah 2 rombel, dengan masing-masing rombel terdiri dari 30 mahasiswa. Jadi untuk prodi Bahasa Indonesia total 60 mahasiswa. Demikian juga dengan prodi Bahasa Inggris.

"Kita Insha Allah akan menjadi pelaksana di sini,  Pendidikan Sastra Indonesia dan Bahasa Inggris, kita juga akan mengusulkan lagi 3 prodi yang lain untuk PPG itu khusus PGSD, Sosiologi dan Matematika. Sebenarnya kita mengusulkan lima prodi kemarin namun baru dua yang disetujui, jadi untuk yang tiga itu tetap kita usahakan," pungkasnya.