Kamis, 10 Mei 2018 15:01 WITA

Sekolah Wirausaha Muda YESS Diskop Sulsel Gelar Wisuda Angkatan 1

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sekolah Wirausaha Muda YESS Diskop Sulsel Gelar Wisuda Angkatan 1

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah wirausaha muda “Young Entrepreneur School Sulsel” atau YESS binaan Dinas Koperasi dan UKM Sulsel menggelar acara wisuda, Kamis (10/5/2018) di ruang pola kantor gubernur Sulsel. 

Sebanyak 76 orang siswa YESS diwisuda setelah mengikuti sekolah informal pembelajaran wirausaha yang resmi bergulir sejak 3 Februari 2018. 

Sekolah YESS yang menyasar siswa pada jenjang sekolah lanjutan atas ini dibentuk dalam rangka menanamkan jiwa entrepreneur dan menyiapkan masa depan siswa yang siap bersaing di kancah global.

Dalam acara wisuda hadir kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal sebagai pembina YESS, Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar Prof Muhammad Asdar, kepala sekolah YESS Abd Azis Bennu, ketua-ketua asosiasi bisnis, penggerak wirausaha dan orang tua siswa.

“YESS merupakan ide brilian Kadis Koperasi UKM yang patut diapresiasi dan menjadi bukti bahwa Sulsel adalah pionir dalam penciptaan wirausaha baru,” kata Asdar.

Dalam laporannya, Azis mengatakan, sekolah wirausaha muda “Young  Entrepreneur School Sulawesi Selatan” angkatan 1 terdiri  5 kelas, dengan satu kelas terdiri dari 20 orang siswa. Siswa YESS angkatan 1 berasal dari SMA Negeri 17 Makassar (1 kelas), Siswa SMA Negeri 22 Makassar (2 kelas) dan siswa SMA Negeri 4 Makassar (2 kelas) dan siswa tambahan dari MAN Model Makassar dan SMAIT Al-Fityan Kab Gowa. 

Dari 105 siswa YESS angkatan 1 tahun 2018, sebanyak 76 siswa dinyatakan lulus dan mengikuti wisuda.

Pembina YESS yang juga kepala Diskop UKM Sulsel mengatakan, program YESS berdurasi selama tiga bulan. Pada bulan pertama peserta akan diberikan motivasi dan perubahan mindset, di bulan ke dua peserta diberi kesempatan untuk menentukan produk yang akan diolah, dan di bulan ketiga peserta akan terjun kelapangan. 
“YESS bertujuan menyiapkan anak muda terjun ke dunia usaha dengan membekali mereka dengan skill dan pemahaman yang mendalam tentang kewirausahaan. Dengan pembelajaran selama 3 (tiga) bulan diharapkan mampu membuka “mind set” para generasi milenial atau generasi muda untuk menjadi enterprenuer atau wirausahwan,” katanya.

Salah satu siswa YESS, Munadian Yunadia dari SMA Negeri 17 Makassar sangat bangga bisa mengikuti program YESS. 

“Dengan sekolah di YESS mengubah pola pikir saya bahwa wirausaha sangat menjanjikan untuk masa depan, juga bisa bermanfaat dengan menciptakan lapangan kerja,” katanya. 

Saya berharap makin banyak anak muda yang bisa ikut YESS karena bertujuan menyiapkan generasi muda unggul dan mandiri, tambahnya.