Kamis, 10 Mei 2018 08:57 WITA

Buruan, Pendaftaran Beasiswa Afirmasi 2018 LPDP Dibuka Hingga 8 Juni

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Buruan, Pendaftaran Beasiswa Afirmasi 2018 LPDP Dibuka Hingga 8 Juni

RAKYATKU.COM - Pendaftaran Beasiswa Afirmasi LPDP 2018 untuk dalam negeri tahun akademik 2019, dibuka mulai 7 Mei hingga 8 Juni 2018. Sementara untuk Beasiswa Afirmasi LPDP 2018 tujuan pendidikan luar negeri dibuka mulai 2 Juli hingga 21 September 2018 mendatang.

Beasiswa Afirmasi LPDP ini menyasar kelompok masyarakat tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus. Seperti menetap di daerah tertinggal atau terluar di Tanah Air, sehingga secara ekonomi maupun sumber daya manusia masih di bawah rata-rata. Atau bagi mereka yang sedang mengabdi pada institusi pemerintah di daerah perbatasan dan/daerah tertinggal. Pada saat yang sama beasiswa Afirmasi LPDP juga bisa diikuti bagi mereka yang merupakan alumni penerima beasiswa Bidikmisi atau masyarakat yang berprestasi dari keluarga miskin yang memiliki IPK 3.50.
 
Tidak itu, saja bagi masyarakat yang telah berjasa membawa nama bangsa Indonesia dalam bidang olahraga dan seni budaya baik di tingkat nasional maupun internasional juga diberi kesempatan untuk mendaftar Beasiswa Afirmasi LPDP 2018. Yang menarik, ada kategori baru yang bisa memperoleh beasiswa Afirmasi dari LPDP ini, di antaranya para penyandang disabilitas, berprofesi sebagai PNS, TNI, Polri, serta bagi para lulusan pondok pesantren. 

Pendaftaran Beasiswa Afirmasi ini sendiri dilakukan secara online, melaliu website LPDP Kementerian Keuangan. Anda harus membuat akun terlebih dahulu dan mengkonfirmasi melalui alamat aktif yang digunakan. Setelah terdaftar, lengkapi formulir aplikasi online yang disediakan LPDP dan unggah semua dokumen aplikasi yang diperlukan berdasarkan keterangan persyaratan. 

Pelamar yang lulus seleksi administrasi pada pendaftaran online akan mengikuti seleksi Berbasis Komputer yang digelar di ibukota provinsi. Meliputi Tes Potensi Akademik, soft kompetensi, dan On the Spot Writing. Kemudian bila lolos di tahapan tahapan tersebut, pelamar berhak mengikuti seleksi substansi yang terdiri dari verifikasi dokumen asli pendaftaran, Leaderless Grup Discussion (LGD), dan wawancara. 

Hasil penetapan kelulusan seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia program Afirmasi disampaikan kepada pelamar melalui akun pendaftaran online pelamar, email atau media elektronik lainnya sesuai waktu yang telah ditentukan oleh LPDP.

Pertanyaan terkait Beasiswa Afirmasi LPDP bisa disampaikan melalui email: cso.lpdp@kemenkeu.go.id atau dapat melalui call center LPDP di 1500652.