Rabu, 09 Mei 2018 15:54 WITA

Dua Mahasiswa Unismuh Raih Prestasi di LKTIN AGROFEST 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Dua Mahasiswa Unismuh Raih Prestasi di LKTIN AGROFEST 2018
Maryam dan Muh David.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih juara II pada lomba karya tulis ilmiah nasional (LKTIN) AGROFEST 2018 di Universitas Bangka Belitung Provinsi, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (9/5/2018).

Kedua mahasiswa itu adalah Muh David (Teknologi Pendidikan) dan Maryam (Agribisnis). Mereka tak hanya membawa nama kampus, karena keduanya mewakili Sulawesi.

Mengangkat judul "Pupuk Munacarica Solusi Meminimalisir Penggunaan Agrokimia pada Petani Sayur untuk Mewujudkan Indonesia Food Savereingnty", kedua mahasiswa tersebut mampu bersaing dengan kontestan lainnya.

Muh David menuturkan, berawal dari inisiatif untuk berkontribusi dalam perkembangan negara, sehingga timbul pikiran untuk memanfaatkan limbah nabati. 

"Bahan bakunya dari batang pisang dan daun pepaya untuk membuat pupuk yang mampu memberantas hama tanaman," ucapnya.

"Telah dilakukan uji coba selama kurang lebih satu bulan terhadap tanaman cabe," imbuhnya.

Wakil Dekan II FKIP Unismuh, Andi Adam, S.Pd., M.Pd memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah ditoreh kedua mahasiswa FKIP tersebut.

"Ini merupakan petualangan mahasiswa dalam meng-upgrade diri melalui lomba-lomba sangat menunjang reakreditasi untuk Prodi dan eksistensi diri," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib, M.Pd., Ph.D mengakui mahasiswa FKIP makin jeli melihat persaingan menghadapi era revolusi industry 4.0. Tidak heran, para mahasiswa berlomba-lomba membuat sebuah inovasi untuk perkembangan jangka panjang. 

"Dukungan dan apresiasi untuk anak-anak kita dalam mengikuti perlombaan harus tetap terkontrol dan makin diperbaiki demi menunjang universitas yang lebih maju," ucapnya.

"Semoga ini tetap berlanjut serta dijadikan motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk selalu berbuat."