Selasa, 08 Mei 2018 16:36 WITA

Unismuh Makassar jadi Tuan Rumah Kongres APSPBI Region Sulawesi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Unismuh Makassar jadi Tuan Rumah Kongres APSPBI Region Sulawesi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) regional Sulawesi, yang digelar pada 7 Mei 2018.

Kongres APSPBI pertama untuk regional Sulawesi ini mengusung tema "Integrasi Kurikulum Berbasis KKNI dan Revolusi Industri Keempat Diera Digital".

Ketua APSPBI Sulawesi, Ummi Khaerati Syam mengatakan, semua ketua prodi dan utusan program dari studi bahasa Inggris se-Sulawesi berkumpul dalam kongres tersebut. Ia menjelaskan, kegiatan ini rencananya digelar selama dua hari, namun karena keterbatasan waktu maka dipadatkan jadi satu hari.

"Kegiatannya dimulai dengan kuliah umum tentang integrasi kurikulum berbasis kerangka kualifikasi Indonesia dan revolusi industri empat titik nol, itu adalah dasar penguatan untuk membentuk kurikulum pendidikan tinggi yang sekarang ini lagi digalakkan pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kongres APSPBI Sulawesi, Ismail menambahkan, Kuliah Umum tersebut dibawakan oleh Dekan FKIP UNISMUH Makassar, Erwin Akip, dilanjutkan dengan bisnis meeting APSPBI, penguatan struktur dan Organisasi ASPBI Regional, kemudian membahas tentang persiapan Konferensi tingkat nasional  keempat yang akan dilaksnakan Banjarmasin dan diakhiri APSPBI Leadership.

"Harapannya supaya program-program studi pendidikan Bahasa Inggris di Sulawesi itu bisa saling berbagi informasi dalam satu ikatan Asosiasi, saling mendorong dan menstimulasi satu sama lain, untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari program studi pendidikan bahasa inggris di Indonesia Timur, khususnya di Sulawesi," kata Erwin.

Kongres ini diikut sekira 44 perwakilan dari 23 perguruan tinggi dari Sulawesi Utara, Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.