Selasa, 08 Mei 2018 15:18 WITA

Prodi MIPA Menurun, Manajemen Jadi Favorit di UNM

Editor: Nur Hidayat Said
Prodi MIPA Menurun, Manajemen Jadi Favorit di UNM
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Makassar, Selasa (8/5/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Prodi Manajemen menjadi jurusan terfavorit bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Negeri Makassar. 

Rektor UNM, Husain Syam, usai memantau uji tes SBMPTN di beberapa lokasi di Makassar, Selasa  (8/5/2018), mengatakan prodi di Fakultas Ekonomi tersebut didaftar 3.611 calon mahasiswa yang memperebutkan 78 kursi. 

"Di UNM yang favorit pertama itu program studi Manajemen dengan jumlah total 3.611 pendaftar dengan kuota tersedia 78 kursi," ujar Husain Syam.

Berturut-turut prodi yang banyak didaftar oleh peserta SBMPTN tahun ini di UNM setelah prodi Manajemen ialah Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) dengan jumlah pendaftar 2.230 mahasiswa dengan jumlah yang hanya diterima hanya sebesar 60 mahasiswa. Setelah itu ada Pendidikan Sekolah Dasar dan Administrasi Negara. 

Satu program studi yang baru dibuka tahun ini, yakni Teknik Komputer dengan jumlah pendaftar 1.867 dengan kuota yang diterima sebanyak 31 mahasiswa.  

Meski fakultas nonsains jadi rebutan pendaftar SBMPTN, sebaliknya beberapa prodi yang ada di Fakultas MIPA UNM sepi pendaftar. 

Husain pun mengungkapkan kekecewaannya dengan minimnya pendaftar di salah satu jurusan yang pernah menjadi favorit itu. 

"Yang menarik di MIPA, ini sangat rendah memang. Khususnya di kelas-kelas bilingual ini (ICP) ya pelamarnya tidak sampai 100 semua. Misalnya pendidikan kimia kelas internasional pelamarnya hanya 92 dan yang diterima 14," imbuh mantan dekan Fakultas Teknik UNM ini. 

"Ini ancaman sebenarnya. Jangan cuma mengadakan olimpiade-olimpiade, tapi tidak pesan yang bisa disampaikan di situ," pungkas Husain. 

Ada 51.800 peserta SBMPTN melaksanakan ujian di beberapa lokasi yang tersebar di Kota Makassar.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 82, Prof Jufri, mengungkapkan jumlah peserta SBMPTN itu terdiri atas pendaftar di Universitas Hasanuddin (Unhas) 28.460 peserta, Universitas Negeri Makassar (UNM) 19.790 peserta dan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) 2.450 peserta. 

Jumlah ini mengalami peningkatan 7,96 persen dari tahun lalu yang hanya mencapai 47 ribu peserta.